Kanker penis, pengobatan kanker penis, Operasi, Radioterapi, Kemoterapi, Pengobatan China (TCM), St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

Ahli St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou menuturkan, Operasi merupakan metode pengobatan utama dan yang paling efektif pada kanker penis stadium awal. Metode operasi ditentukan berdasarkan letak, ukuran dan stadium penyakit, antara lain sunat, reseksi parsial dan reseksi total ditambah kolostomi uretra. Bagian penis yang direseksi biasanya berjarak lebih dari 2cm jaringan normal dari tepi tumor. Karena sering disertai dengan infeksi, sebelum operasi sebaiknya pasien menjalani terapi antibiotik selama seminggu, termasuk terapi antibiotik lokal. Untuk pasien dengan pembengkakan kelenjar getah bening inguinal, tidak dianjurkan melakukan diseksi kelenjar getah bening inguinal. Pada pasien yang pada hasil biopsinya menunjukkan penyebaran pada getah bening inguinal, bisa menjalani diseksi atau limfadenektomi inguinal. Pasca operasi, pasien bisa mengkombinasikannya dengan radioterapi.

Sedangkan pada pasien kanker penis stadium lanjut dengan metastasis jauh, sebaiknya menjalani kemoterapi. Kemoterapi juga bisa dikombinasikan dengan operasi dan radioterapi. Berikut beberapa jenis metode pengobatan untuk kanker penis :

1. Operasi

Operasi meliputi pemotongan kulup, reseksi parsial, reseksi total, limfadenektomi kelenjar getah bening inguinal bilateral dan limfadenektomi kelenjar getah bening iliaka. Pada pasien dengan tumor kecil di kulup, dapat dilakukan pemotongan; jika diperlukan reseksi persial, setidaknya perlu dilakukan pemotongan 2 cm di atas lokasi kanker; jika penis yang tersisa terlalu pendek, dapat dilakukan reseksi total; Pasien dengan metastasis kelenjar getah bening membutuhkan diseksi kelenjar getah bening inguinal bilateral; Pasien dengan metastasis pada kelenjar getah bening femoralis sebaiknya dilakukan limfadenektomi kelenjar getah bening iliaka.

2. Radioterapi

Pasien kanker penis stadium awal bisa menjalani Radioterapi. Namun, efektivitas metode tunggal ini tidaklah seperti yang diharapkan. Dapat digunakan sebagai metode penunjang pasca operasi, dengan begitu dapat meningkatkan efektifitas tindakan operasi.

3. Kemoterapi

Kemoterapi yang dikombinasikan dengan operasi dapat meningkatkan efektifitas pengobatan.

4. Pengobatan China (TCM)

Pengobatan China (TCM) pada kanker penis berfungsi untuk menyeimbangkan kondisi dan sebagai anti kanker. Jika dikombinasikan dengan Metode Gabungan Pengobatan Timur dan Barat, efektifitasnya pun akan menjadi lebih tinggi.

5. Intervensi

Intervensi pada kanker penis meliputi Intervensi intravaskular dan Intervensi non vaskular. Intervensi yaitu metode tanpa pembedahan, dengan luka sayatan beberapa mm, atau melalui saluran pada tubuh manusia. Mengobati lesi secara lokal di bawah panduan alat pencitraan.

Kanker penis cenderung terjadi pada pria usia menengah ke atas, risiko kanker penis akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Tetapi banyak pasien yang mengabaikan gejala awal kanker penis, sehingga baru terdeteksi saat sudah memasuki stadium lanjut. Di atas merupakan penjelasan tentang metode pengobatan kanker penis. Kami berharap artikel di atas dapat membantu anda semua, serta memberi saran pengobatan komprehensif bagi banyak pasien, sehingga dapat meningkatkan efektifitas pengobatan dan memperpanjang harapan hidup pasien. Jika anda masih memiliki pertanyaan, anda dapat berkonsultasi secara online dengan pihak kami, kami akan menjawab semua pertanyaan anda.

Medan Office

Alamat : Komplek Multatuli Indah Blok CC-21, 20151 Sumatera Utara - Medan

Reservasi konsultasi : +62 (0)614 5768 21, +62 (0)821 6578 4777

Surabaya Office

Alamat : Jl. Raya Dinoyo no 21A, Kel. Keputran, Kec. Tegalsari, Surabaya 60265

Reservasi konsultasi : 0315688999 , 0315685057 , 0315685058

Jakarta Office

Alamat : MENARA CITICON lt. 11 blok C2 Jl. Letjen S.Parman kav 72 Slipi - Jakarta Barat

Reservasi konsultasi : 081297897859 , 085211194878

Untuk tampilan yang lebih baik, silahkan tegakkan HP/Gadget Anda