Kanker kulit adalah tumor ganas yang terjadi pada kulit, diantaranya yang paling sering dijumpai adalah squamous cell carcinoma dan basal cell carcinoma. Kanker kulit mudah terjadi pada bagian tubuh yang terpapar. Faktor penyebab kanker kulit berupa sinar X-ray dan thermal radiasi, paparan sinar matahari, selain itu bahan kimia seperti arsenic, minyak bumi, aspal, tar dan lainnya juga merupakan zat penyebab kanker kulit, oleh karena itu seharusnya kita menghindari terjadinya keadaan yang disebut di atas.

pengobatan kanker kulit

Ada berapa macam cara pengobatan kanker kulit?

Cara pengobatan yang tepat tidak hanya berlandaskan jenis histology dari kanker kulit saja, juga berdasarkan posisi anatomi, umur pasien, jenis kelamin, kondisi kesehatan umum. Dari posisi anatomi yang harus diperhatikan adalah bagian yang mudah kambuh setelah operasi, ada bagian yang bisa mencapai hasil yang diharapkan dari rencana pengobatan, misalnya daerah sekitar mata, daerah sekitar hidung, daerah sekitar telinga adalah daerah-daerah yang tingkat kekambuhannya tinggi, oleh karena itu harus memilih cara pengobatan yang memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi. Sebelum dilakukan operasi pengangkatan harus mempertimbangkan penampilan kecantikan pada daerah pengangkatan, fungsi kulit pasca pengangkatan.

Harus turut dipertimbangkan kondisi kesehatan dari pasien kanker kulit, apabila ada gangguan koagulasi (pembekuan darah) atau anti-koagulan disaat terapi, harus memilih cara pengobatan yang tidak menimbulkan pendarahan, terapi pisau Ar-He cryosurgery, terapi radiopartikel, immunoterapi, kesemuanya ini dapat digunakan. Pasien lansia dan rapuh juga pasien kanker kulit wanita, setelah menjalani radioterapi jangka panjang, ada kalanya tidak bisa tahan, bisa memilih pengobatan kolaborasi medis China dan barat dengan terapi target.

1. Terapi pisau Ar-He Cryosurgery

Pisau Ar-He sebenarnya merupakan gabungan teknik ultra beku dan panas dalam pengobatan tumor. Disaat gas Argon dilepas secara cepat dari ujung jarum, dapat membekukan jaringan lesi tumor dalam hitungan detik sampai pada suhu -120℃ ~ -165℃ sehingga membentuk bola es, jaringan tumor di dalam bola es “kelaparan-kedinginan”, berada dalam keadaan “kelaparan” karena kekurangan darah (iskemia) dan kekurangan oksigen (hipoksia). Juga karena berada dalam suhu super rendah -165℃, menyebabkan jaringan tumor koagulasi nekrosis. Disaat gas Helium dilepas secara cepat dari ujung jarum, menaikkan suhu sampai 20℃~40℃ derajat celcius, dengan cepat mencairkan dan memecah bola es yang keras, sehingga mencapai hasil penghancuran jaringan tumor, dapat menghindari perusakan jaringan normal.

2. Terapi penanaman radiopartikel

Basal cell carcinoma dan squamous cell carcinoma sangat peka terhadap radioterapi, sebelum menentukan radioterapi, harus mempertimbangkan umur pasien, jenis kelamin, sejarah tumor, posisi anatomi, tingkat keberhasilan dan kekambuhan, terakhir yaitu hasil pengobatan yang didapatkan. Partikel I 125 adalah salah satu jenis energi radionuklida, dapat memancarkan sinarγsecara terus-menerus dalam jarak dekat untuk membunuh sel tumor, menimbulkan efek penyinaran radiasi dari dalam tumor, untuk mencapai hasil terapi yang sama dengan operasi pengangkatan.

3. Sel somatik immunoterapi

Sel somatic immunoterapi adalah memasukkan sel-sel immune yang memiliki keaktifan dalam melawan tumor ke dalam tubuh pasien kanker kulit, secara langsung membunuh tumor atau merangsang reaksi anti tumor dalam sistem kekebalan tubuh. Sel somatik immunoterapi benar benar merupakan terapi hijau, terapi ini dapat membersihkan secara tuntas sel-sel kanker yang tersisa atau dormansi sel (dimasa tidur) dalam darah, kelenjar getah bening, juga memiliki keunggulan yang tidak dapat tergantikan dalam membunuh sel tumor, mencegah kekambuhan dan metastase, dapat dengan baik mengisi kekurangan dari operasi, radioterapi, kemoterapi, membawakan harapan dalam pengobatan kanker kulit

4. Pengobatan kolaborasi medis China dan barat dengan terapi target.

Dengan keunggulan dari kolaborasi medis China dan barat, bersama-sama melawan kanker, saling melengkapi dengan keunggulan masing-masing, hasil pengobatan melebihi cara pengobatan tunggal manapun. Dari teknik minimal invasif target yang setabil, akurat, galak dapat memberantas dan membunuh tumor, mengurangi secara maksimal luka tubuh pasien kanker yang dikarenakan pengobatan. Secara bersamaan, dengan kolaborasi medis China dan barat dengan secara keseluruhan mengatur keseimbangan dan membantu tubuh melawan kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, menguatkan kualitas kesehatan tubuh.

Medan Office

Alamat : Komplek Multatuli Indah Blok CC-21, 20151 Sumatera Utara - Medan

Reservasi konsultasi : +62 (0)614 5768 21, +62 (0)821 6578 4777

Surabaya Office

Alamat : Jl. Raya Dinoyo no 21A, Kel. Keputran, Kec. Tegalsari, Surabaya 60265

Reservasi konsultasi : 0315688999 , 0315685057 , 0315685058

Jakarta Office

Alamat : MENARA CITICON lt. 11 blok C2 Jl. Letjen S.Parman kav 72 Slipi - Jakarta Barat

Reservasi konsultasi : 081297897859 , 085211194878

Untuk tampilan yang lebih baik, silahkan tegakkan HP/Gadget Anda