Kanker jaringan lunak, gejala, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

Kanker jaringan lunak merupakan tumor dalam jaringan lunak mesenchymal, menempati angka 0,73%-0,81% tumor ganas yang ada di seluruh tubuh. Meskipun memiliki tingkat mordibitas yang rendah, tetapi jenis kanker ini bisa terjadi pada kalangan usia mana pun, banyak ditemukan pada kalangan usia muda dan penyebabnya masih tidak diketahui dengan jelas. Karena gejala awal kanker jaringan lunak tidak terlalu nyata, sehingga sangat mudah disalah artikan sebagai penyakit lain dan membuat pasien menunda waktu pengobatan. Jadi memahami gejala kanker jaringan lunak sangat penting untuk mencegah kanker ini muncul. Apa saja gejala awal kanker jaringan lunak?

1. Manifestasi Sistemik

Pasien tumor jinak dan tumor ganas stadium awal sangat sedikit yang menunjukkan gejala sistemik yang nyata. Paada pasien kanker stadium lanjut, seperti osteosarcoma, rhabdomyosarcoma atau pasien dengan metastatis, bisa timbul gejala-gejala antara lain anemia, penurunan berat badan, hilangnya nafsu makan, demam, cachexia dan sebagainya.

2. Manifestasi Lokal

Timbul rasa nyeri pada tulang, sendi dan jaringan lunak, benjolan yang bertekstur seperti tulang atau lunak, serta hambatan pada fungsi-fungsi tertentu. Gejala-gejala tersebut merupakan gejala umum kanekr tulang.

(1) Nyeri : Merupakan gejala paling umum yang timbul akibat pesatnya pertumbuhan tumor. Awalnya, rasa sakit cenderung lebih ringan dan secara bertahap berkembang menjadi nyeri yang menusuk. Biasanya disebabkan karena adanya tekanan yang diterima periosteal dan endostealosteoma yang sensitive dari tumor tulang. Tetapi munculnya rasa nyeri bukan berarti tumor tersebut ganas, pada beberapa tumor jinak seperti osteoid osteoma, rasa nyeri mungkin bisa disebabkan karena reaksi dari pertumbuhan tulang. Saat rasa nyeri tiba-tiba menjadi parah, bisa disebabkan karena fraktur patologis.

(2) Benjolan : Pada tumor jinak biasanya terdapat benjolan keras dan tidak terasa sakit. Pesatnya pertumbuhan tumor ganas biasanya ditandai dengan pembengkakan difus, rasa nyeri sakit, kulit terasa panas, demam, serta pembengkakan vena superfisial.

(3) Gejala disfungsi dan kompresi : Jika letak tumor berdekatan dengan sendi, fungsi aktifnya akan menjadi terbatas, rasa sakit akan lebih terasa saat beraktivitas; tumor yang terletak di tulang punggung, baik jinak ataupun ganas dapat menekan atau bahkan melumpuhkan tulang belakang.

(4) Malformasi : Muncul pada pasien yang masih berada di usia pertumbuhan atau yang mengalami fraktur patologis. Seperti chondroma, dapat mempengaruhi pertumbuhan, tungkai menjadi bengkok, tidak sama panjang. Karena enchondroma yang tumbuh dan membengkak, membuat kelainan bentuk pada tulang kecil tangan kaki.

Ahli St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou menghimbau, gejala awal kanker jaringan lunak stadium awal tidak terlihat nyata dan sangat mudah disalah artikan sebagai penyakit lain. Jadi, jika anda menemukan gejala-gejala di atas, segeralah melakukan pengobatan.

Medan Office

Alamat : Komplek Multatuli Indah Blok CC-21, 20151 Sumatera Utara - Medan

Reservasi konsultasi : +62 (0)614 5768 21, +62 (0)821 6578 4777

Surabaya Office

Alamat : Jl. Raya Dinoyo no 21A, Kel. Keputran, Kec. Tegalsari, Surabaya 60265

Reservasi konsultasi : 0315688999 , 0315685057 , 0315685058

Jakarta Office

Alamat : MENARA CITICON lt. 11 blok C2 Jl. Letjen S.Parman kav 72 Slipi - Jakarta Barat

Reservasi konsultasi : 081297897859 , 085211194878

Untuk tampilan yang lebih baik, silahkan tegakkan HP/Gadget Anda