Kanker saluran empedu, gejala, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

Kanker saluran empedu adalah kanker ganas yang berasal dari saluran empedu ekstrahepatik, termasuk hilus sampai ke bagian bawah saluran empedu. Tingkat keganasan dari kanker saluran empedu sangatlah tinggi, kurang lebih separuh dari jumlah penderita kanker saluran empedu, timbul gejala nyeri pada bagian perut kuadran kanan atas atau terasa tidak nyaman, penyakit kuning, gatal-gatal, dan lain-lain. Ahli tumor dan kanker dari St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou mengingatkan bahwa gejala di atas atas biasanya adalah gejala yang timbul pada kanker saluran empedu tahap awal, perlu diwaspadai.

Apa saja gejala pada kanker saluran empedu yang sering ditemui?

Penyakit kuning

Tahap awal pada kanker saluran empedu tidak memperlihatkan gejala yang spesifik, kebanyakan pasien berobat di rumah sakit karena penyakit kuning. Penyakit kuning adalah gejala yang paling awal dan paling penting pada kanker saluran empedu, sebanyak 90%-98% pasien kanker saluran empedu mengalami gejala kulit dan mata menguning dengan tingkatan yang berbeda. Ciri khas penyakit kuning adalah peningkatannya yang progresif dan tidak disertai rasa sakit. Hanya sebagian kecil penderita penyakit kuning menunjukkan volatilitas. Kanker saluran empedu bagian atas biasanya akan mengalami sakit kuning lebih awal, sedangkan kanker saluran empedu bagian bawah biasanya akan lebih lambat mengalami gejala sakit kuning.

Nyeri pada perut

Kurang lebih separuh dari jumlah penderita kanker saluran empedu mengalami gejala perut bagian kuadran kanan atas nyeri atau terasa tidak nyaman, penurunan berat badan, dan kehilangan nafsu makan. Beberapa gejala ini adalah gejala awal dari kanker saluran empedu dan perlu diwaspadai. Berdasarkan pengamatan klinis, setelah terkena kanker saluran empedu 3 bulan pasien akan merasakan nyeri di perut.

Gatal-gatal pada kulit

Gatal-gatal pada kulit terjadi karena bilirubin yang meningkat yang akhirnya merangsang saraf perifer. Gejala ini dapat terjadi sebelum maupun sesudah terjadi penyakit kuning. Gejala ini juga dapat disertai dengan gejala lain seperti jantung berdebar dengan sangat cepat, pendarahan, depresi, kelelahan serta perut kembung, dan lain-lain.

Demam

Beberapa penderita kanker saluran empedu akan mengalami gejala demam, hal ini disebabkan oleh radang yang terjadi pada saluran empedu, tapi persentasi terjadinya gejala ini sangat rendah.

Gejala lain

Selain gejala penyakit kuning, nyeri perut, dan lain-lain dapat muncul gejala lain seperti mual-mual, muntah-muntah,  berat badan turun drastis , urin berwarna kuning gelap menyerupai kecap atau teh yang kental, kotoran berwarna kuning muda menyerupai tanah liat, dan gejala lainnya. Saat kanker sudah mencapai stadium lanjut, maka akan muncul gejala pendarahan pada saluran empedu, kotoran berwarna hitam, tinja okultisme positif, bahkan dapat muncul gejala kurang darah, dan gejala lainnya. Saat terjadi metastasis pada hati maka akan terjadi gejala pembesaran hati, dan pengerasan pada hati. Pada saat ini, disarankan penderita segera melakukan CT scan untuk menghindari bertambah parahnya penyakit.

Pakar onkologi St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou menghimbau, jika anda menemukan gejala serupa, segeralah melakukan pemeriksaan ke rumah sakit, jangan menunda-nunda!

Medan Office

Alamat : Komplek Multatuli Indah Blok CC-21, 20151 Sumatera Utara - Medan

Reservasi konsultasi : +62 (0)614 5768 21, +62 (0)821 6578 4777

Surabaya Office

Alamat : Jl. Raya Dinoyo no 21A, Kel. Keputran, Kec. Tegalsari, Surabaya 60265

Reservasi konsultasi : 0315688999 , 0315685057 , 0315685058

Jakarta Office

Alamat : MENARA CITICON lt. 11 blok C2 Jl. Letjen S.Parman kav 72 Slipi - Jakarta Barat

Reservasi konsultasi : 081297897859 , 085211194878

Untuk tampilan yang lebih baik, silahkan tegakkan HP/Gadget Anda