Kanker usus duabelas jari tidak terlalu jelas manifestasinya, tidak ada yang spesifik, pada tahap dini tidak memiliki gejala apapun, tapi juga bisa terasa nyeri di perut, ketidaknyamanan epigastrium dan gejala umum lainnya. Seiring berkembangnya tumor, mungkin bisa meningkatkan sakit pada perut, muntah, pendarahan, penurunan berat badan, mungkin juga ada sakit kuning, darah pada feses dan gejala lain yang akan muncul. Jadi bagaimana cara mendiagnosis kanker usus duabelas jari?

 Kanker usus 12 Jari, diagnosa kanker usus 12 jari, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

Apa saja yang dapat dilakukan untuk mendiagnosis kanker usus duabelas jari?

Diagnosis kanker usus duabelas jari harus dikombinasi dengan manifestasi klinis dan hasil pemeriksaan berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium. Cara mendiagnosis:

1. Duodenografi Hipotonik: 

Tanda utama dapat diamati adanya kekakuan pada dinding usus, menghilangnya kemampuan peristaltik, kerusakan pada lipatan membran mukosa, penyempitan yang abnormal pada saluran pencernaan, abnormal pada intraluminal dengan bentuk kembang kol, dengan tanda-tanda ini maka keakuratan diagnosis hingga 93%.

2. Pemeriksaan dengan fiber optik endoskopi atau Endoscopic retrograde cholangiopancreatography (ERCP): 

Duodenofiberscopy merupakan metode pemeriksaan tambahan yang penting, yang merupakan diagnosis kualitatif. Duodenofiberscopy dapat secara langsung mengamati daerah lesi, bentuk dan ruang lingkupnya, dengan demikian berperan penting dalam diagnosa dini kanker usus dua belas jari, tetapi pemeriksaan ini sulit dilakukan pada bagian dalam usus dua belas jari.

3. CT-Scan: 

Untuk pemeriksaan tingkat kanker usus duabelas jari dengan CT-Scan lebih rendah, namun pemeriksaan ini mampu melihat hubungan tumor dengan organ-organ yang berdekatan di daerah perut, selaput perut atau kelenjar getah bening dan metastase hati.

Pemeriksaan awal dengan CT-Scan pada kanker papilla (putting / pentil) usus 12 jari menunjukkan memperbesaran papilla usus 12 jari, benjolan akan terlihat pada sekitarnya, memperkuat arteri, pada fase tertentu dapat terlihat jelas, terlihat jelas jauh lebih tinggi dari dinding usus, ini merupakan tanda nyata dari kanker papilla usus 12 jari.

Ketika melakukan pemeriksaan kanker usus duabelas jari, harus memperhatikan apakah dibagian lain ada lesi, baik karena dampak dari gas dalam lambung dan dampak dari gas dalam rongga usus.

4. USG: 

Pemeriksaan USG untuk kanker usus duabelas jari tingkatnya rendah, namun presentase tingkat kejadian pembesaran saluran empedu tinggi, pemeriksaan ini sangat bermanfaat dan membantu untuk pengambilan tindakan operasi.

Setiap orang hanya memiliki 1 kali kesempatan untuk hidup, jadi kita harus menghargai kehidupan yang kita miliki. Jika kita menderita suatu penyakit, segeralah menjalani pengobatan. Ahli St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou menghimbau, jika anda menemukan suatu penyakit, segeralah menjalani pendiagnosaan dan pengobatan dini. Ahli St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou akan memberikan metode pengobatan komprehensif yang sesuai dengan kondisi penyakit pasien, dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas pengobatan kanker, serta memperpanjang harapan hidup pasien kanker.

Medan Office

Alamat : Komplek Multatuli Indah Blok CC-21, 20151 Sumatera Utara - Medan

Reservasi konsultasi : +62 (0)614 5768 21, +62 (0)821 6578 4777

Surabaya Office

Alamat : Jl. Raya Dinoyo no 21A, Kel. Keputran, Kec. Tegalsari, Surabaya 60265

Reservasi konsultasi : 0315688999 , 0315685057 , 0315685058

Jakarta Office

Alamat : MENARA CITICON lt. 11 blok C2 Jl. Letjen S.Parman kav 72 Slipi - Jakarta Barat

Reservasi konsultasi : 081297897859 , 085211194878

Untuk tampilan yang lebih baik, silahkan tegakkan HP/Gadget Anda