Kanker prostat, diagnosa, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

Kanker prostat adalah sejenis penyakit tumor ganas yang tidak bisa dihindari kaum pria. Pria berusia 50 tahun ke atas adalah kelompok orang dengan risiko kanker prostat yang tinggi. Pada kanker prostat stadium awal, gejalanya tidak terlalu jelas, ditambah kebiasaan orang setengah baya yang tidak rutin melakukan pemeriksaan, sehingga kanker prostat stadium awal sangat sulit terdeteksi. Jadi, pendiagnosaan secara medis adalah kunci pendeteksian dini kanker prostat. Jadi, apa saja cara pendiagnosaan kanker prostat?

1. Pemeriksaan Colok Dubur

Pemeriksaan colok dubur adalah metode konvensional dalam pendiagnosaan kanker prostat. Menggunakan jari telunjuk untuk menyentuh bagian prostat. Jika ditemukan adanya nodul pada prostat, mungkin saja ini adalah fenomena kanker prostat. Banyak orang merasa ini adalah cara termudah, paling ekonomis dan metode dengan risiko terkecil. Tetapi ahli menuturkan, ini adalah sejenis metode pemeriksaan subjektif, keakuratan diagnosa kanker prostat tidak terlalu tinggi, jadi tidak bisa hanya mengandalkan metode pemeriksaan ini saja.

2. Pemeriksaan Pencitraan

Pemeriksaan pencitraan banyak digunakan untuk pendiagnosaan dan menentukan stadium kanker. Metode utamanya adalah : USG transrectal (TRUS), MRI dan MRS. Selain itu, CT, MRI, TRUS, PET, radioisotope juga dapat digunakan sebagai pemeriksaan kanker prostat.

3. Uji PSA

Uji serum PSA adalah salah satu penanda serum untuk diagnosa kanker prostat, merupakan indikator skrining kanker prostat. Umumnya, uji PSA sangat berperan bagi pasien kanker prostat.

4. Biopsi Prostat

Berbagai metode pendiagnosaan kanker prostat pada akhirnya masih diperlukan pemeriksaan patologi. Oleh karena itu, biopsi prostat adalah salah satu metode klinis yang paling penting dalam pendiagnosaan kanker prostat. Jika anda menemukan nodul pada prostat dan nilai PSA meningkat signifikan, segeralah melakukan biopsi prostat di rumah sakit. Menggunakan biopsi transrektal atau biopsi jaringan prostat dengan dipandu Transrectal Ultrasonography (TRUS). Berdasarkan hasil pemeriksaan akan diketahui hasil diagnosa akhir.

Ahli St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou menghimbau, banyak metode untuk mendiagnosa kanker prostat saat ini. Tetapi metode yang paling aman dan akurat adalah dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, terutama bagi pria dengan usia 50 tahun ke atas. Sangat penting bagi pasien untuk melakukan pemeriksaan secara rutin.

Medan Office

Alamat : Komplek Multatuli Indah Blok CC-21, 20151 Sumatera Utara - Medan

Reservasi konsultasi : +62 (0)614 5768 21, +62 (0)821 6578 4777

Surabaya Office

Alamat : Jl. Raya Dinoyo no 21A, Kel. Keputran, Kec. Tegalsari, Surabaya 60265

Reservasi konsultasi : 0315688999 , 0315685057 , 0315685058

Jakarta Office

Alamat : MENARA CITICON lt. 11 blok C2 Jl. Letjen S.Parman kav 72 Slipi - Jakarta Barat

Reservasi konsultasi : 081297897859 , 085211194878

Untuk tampilan yang lebih baik, silahkan tegakkan HP/Gadget Anda