Dalam beberapa tahun terakhir, kanker otak telah menjadi salah satu penyakit yang membahayakan kesehatan serta kehidupan masyarakat, kanker otak menimbulkan rasa sakit yang luar biasa dan berbagai kesulitan lainnya. Pemeriksaan kesehatan secara teratur dapat membantu deteksi dini kanker otak yang dapat membantu diagnosa dengan kanker otak, sehingga pengobatan kanker otakpun bisa lebih maksimal. Berikut adalah cara cara diagnosa yang dijelaskan oleh rumah sakit Modern Cancer Hospital Guangzhou :

DIAGNOSA KANKER OTAK

dengan cara apa saja kanker otak dapat terdekteksi dengan diagnosa ?

1. Pemeriksaan fundus (bagian bawah kelopak mata)

Amati fundus apakah terlihat adanya papilledema. Papilledema adalah sejenis bintilan di bagian dalam yang merupakan tanda-tanda meningkatnya tekanan intracranial. sakit kepala dan muntah disebut sebagai tekanan intrakranial yang meningkat, tetapi sayangnya hanya seperempat dari pasien kanker otak yang pemeriksaan fundusnya menunjukkan negative adanya kemungkinan kanker otak.

2. X-ray bagian kepala

Pemeriksaan X-ray dapat membantu untuk memahami apakah tekanan intrakranial mengalami peningkatan, atau adanya kerusakan ataupun hyperplasia pada tengkorak, perluasan kalsifikasi tengkorak, pergeseran pineal dan otak secara patologis, dapat juga membantu mendeteksi lokasi dan diagnosis, kurang dari sepertiga X-ray menunjukkan tingkat positif, jadi hasil negatif dari X-ray belum tentu dapat dijadikan acuan untuk diagnosa.

3. EEG ( Electro Encephalo Graphy )

Diawali dari positioning tumor yang terdapat pada otak, pada letak tumor tersebut akan terlihat amplitude pada bagian kanker menurun, frekuensi melambat. Namun diagnosa pada garis tengah otak, belahan otak bagian dalam, meningioma serta bagian infratentorialnya tidak terlalu mendukung diagnosa.

4. CT scan otak

Hasil dari CT scan pada otak memiliki tingkat deteksi kanker otak hingga 90% atau lebih, karena dapat menunjukkan ukuran lesi, bentuk, jumlah, lokasi, kepadatan dan sifat dari kanker otak, yang merupakan metode utama dari diagnosis kanker otak.

5. Pemeriksaan MRI

MRI mampu menunjukkan sebagian besar tumor otak dan edema sekitar tumor, dan juga dapat secara akurat menunjukkan lokasi, ukuran dan bentuk tumor otak. MRI, CT scan merupakan pemeriksaan tambahan yang penting dan utama.

Rumah sakit Modern Cancer Hospital Guangzhou menyarankan agar segera lakukan pengobatan begitu terdeteksi kanker otak, dan lakukan perawatan serta pemeriksaan rutin.

Medan Office

Alamat : Komplek Multatuli Indah Blok CC-21, 20151 Sumatera Utara - Medan

Reservasi konsultasi : +62 (0)614 5768 21, +62 (0)821 6578 4777

Surabaya Office

Alamat : Jl. Raya Dinoyo no 21A, Kel. Keputran, Kec. Tegalsari, Surabaya 60265

Reservasi konsultasi : 0315688999 , 0315685057 , 0315685058

Jakarta Office

Alamat : MENARA CITICON lt. 11 blok C2 Jl. Letjen S.Parman kav 72 Slipi - Jakarta Barat

Reservasi konsultasi : 081297897859 , 085211194878

Untuk tampilan yang lebih baik, silahkan tegakkan HP/Gadget Anda