Kanker lidah merupakan sejenis tumor ganas yang terletak pada lidah. Areanya dibagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian tubuh lidah (2/3 dari bagian depan lidah) dan pangkal lidah (1/3 akar lidah). Kanker pada tubuh lidah merupakan kanker rongga mulut, dan kanker pangkal lidah merupakan area kanker tenggorokan / kerongkongan. Untuk diagnosa kanker lidah bisa dilihat dari beberapa cara sebagai berikut .

Diagnosa kanker lidah

Pemeriksaan klinik kanker lidah

Yang harus diperhatikan dari kanker lidah adalah kondisi pada pusat tumor, area leher dan juga kondisi tubuh keseluruhan.

1. Lesi pada tumor : umumnya gejala klinis yang ditunjukkan adalah benjolan maupun tukak yang terdapat pada lidah ditambah dengan membusuknya selaput permukaan pada tumor, kerusakan, selaput palsu, kulit yang berkerak dan pendarahan. Benjolan cenderung bertekstur keras, tidak aktif, dan berdarah. Dan dari beberapa kasus umumnya ada bau tidak sedap yang dikeluarkan dari luka yang membusuk dan pada sebagian pasien timbul cacat pada lidahnya.

2. pembesaran pada kelenjar getah bening di bawah ketiak, dan pada kanker lidah yang sudah berkembang pada tahap tertentu sering timbul pembesaran kelenjar getah bening di leher dan di bawah ketiak. Pembesaran yang diakibatkan cenderung keras, dan kelenjar getah bening tidak bergerak aktif, pada pasien yang kondisinya cukup parah, kelenjar getah beningnya akan mengalami luka tukak dan juga radang infeksi.

Pemeriksaan radiologi untuk kanker lidah

Kanker lidah umumnya terletak pada 2/3 bagian tepi lidah, sebagian di ujung lidah, sebagian di belakang lidah dan pangkal lidah, untuk diagnosa klinisnya cukup mudah, dan pemeriksaan radiologi dapat membantu menentukan apakah tumor sudah invasi ke sekitarnya maupun adanya metastasis ke kelenjar getah bening. Yang paling pertama adalah pemeriksaan MRI yang secara koronal, aksial, dan sagitalnya lebih baik. Melalui pemeriksaan ini dapat dibedakan selaput mukosa normal, submukosa, dan bagian muskularis, lapisan otot dan jarak antara ototnya juga dapat dipisah, lemak yang ditekan melalui T2WI dan apabila penekanan lemak ditingkatkan menggunakan T1WI menunjukkan lesi yang paling jelas. Hasil MRI dapat lebih jelas menunjukkan mandibula, kerusakan tulang hyoid (dagu), tulang lidah dan kualitas tulang dibandingkan dengan CT scan, spiral MSCT scan membantu meningkatkan lese secara signifikan.

Pemeriksaan radiologi untuk kanker lidah meliputi pemeriksaan

1. rongga mulut, penyempitan kerongkongan, perubahan karakteristik, bagian dalam lidah, jarak otot pada lidah, serat lemak, dan juga perpindahan letak struktur yang normal, putus, maupun hilang.

2. benjolan dalam lidah : densitas rendah yang ditunjukkan oleh pemeriksaan CT scan, sinyal yang ditunjukkan oleh T1 dan T2 dari pemeriksaan MRI, adanya peningkatan homogen yang umum, adanya kerusakan yang sangat kuat pada nekrosis.

3. kanker lidah pada stadium akhir yang mengakibatkan adanya menyebaran pada area rongga mulut sekitarnya : kanker lidah yang mendekati pangkal lidah akan invasi ke area lengkungan lidah dan juga tonsil, kanker lidah yang sudah sangat memburuk dapat menyebar ke area dasar mulut, tulang dagu, dan juga tulang lidah.

4. Pembesaran kelenjar getah bening : pada bagian ujung lidah akan cenderung mendekati dagu dan juga kelenjar getah bening pada sisi leher, metastasis tingkat menengah, kanker yang terletak pada ujung lidah dapat secara langsung menyebar pada kelenjar getah bening di area leher, kanker pada pangkal lidah tidak hanya menyebar pada dagu dan juga kelenjar getah bening di leher, juga sangat memungkinkan menyebar kelenjar getah bening pada poststyloid dan retropharyngeal. Kanker pada bagian belakang dan garis tengah lidah juga dapat metastasis ke kelenjar getah bening di leher.

5. Metastasis yang jauh : metastasis pada kanker lidah terjadi lebih awal dan tingkat kejadiannya tinggi, untuk kasus metastasis yang jauh umumnya akan menyebar ke area paru paru.

Pemeriksaan laboratorium untuk kanker lidah

Untuk mendiagnosa kanker lidah, pemeriksaan yang harus dijalani antara lain adalah tumor marker p-53, c-myc, telomerase, dll.. pemeriksaan seperti ini akan menunjukkan hasil yang signifikan pada penderita kanker lidah stadium awal, dan pada saat yang bersamaan bisa diperiksakan juga R-70 untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih bermanfaat.

Dokter ahli dari Modern Cancer Hospital Guangzhou mengingatkan, apabila kanker lidah dapat terdeteksi dini, hasil pengobatannya pun akan lebih maksimal, apabila terdapat kelainan pada rongga mulut dan kerongkongan atau ada yang dirasa kurang nyaman, periksakanlah diri anda ke rumah sakit resmi sekitar anda untuk pemeriksaan dan pengobatan.

Medan Office

Alamat : Komplek Multatuli Indah Blok CC-21, 20151 Sumatera Utara - Medan

Reservasi konsultasi : +62 (0)614 5768 21, +62 (0)821 6578 4777

Surabaya Office

Alamat : Jl. Raya Dinoyo no 21A, Kel. Keputran, Kec. Tegalsari, Surabaya 60265

Reservasi konsultasi : 0315688999 , 0315685057 , 0315685058

Jakarta Office

Alamat : MENARA CITICON lt. 11 blok C2 Jl. Letjen S.Parman kav 72 Slipi - Jakarta Barat

Reservasi konsultasi : 081297897859 , 085211194878

Untuk tampilan yang lebih baik, silahkan tegakkan HP/Gadget Anda