Teknologi Baru, Harapan Baru, Pengobatan Tumor Memasuki Masa 3D Printed Template-Assisted Seed Implantation
Teknologi Baru, Harapan Baru, Pengobatan Tumor Memasuki Masa 3D Printed di St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou Berhasil Mengaplikasikan Teknologi 3D Printed Template-Assisted Seed Implantation

Apa itu 3D Printed Template-Assisted Seed Implantation?

3D Printed Template-Assisted Seed Implantation , merupakan simulasi yang dilakukan sebelum prosedur penanaman partikel yang disesuaikan dengan dosis radioterapi guna menentukan rancangan penanaman partikel, rancangan akan menggunakan teknologi 3D printing disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien. Di bawah bimbingan simulasi melakukan prosedur penanaman partikel 125I, lebih menjamin ketepatan lokasi penusukan jarum, kedalaman, dan penyebaran partikel, dari akarnya melengkapi ketidak tepatan panduan CT-Scan biasa, meningkatkan hasil pengobatan penanaman partikel, lebih tuntas menghancurkan tumor.

3D Printed Template-Assisted Seed Implantation, Pengobatan Kanker, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

  Papan simulasi 3D

3D Printed Template-Assisted Seed Implantation Telah Berhasil Menyelamatkannya

Ms. Wang berusia 73 tahun, merasakan nyeri di sebelah kanan dada dekat ketiak selama lebih dari 6 bulan, setelah memeriksakan diri di banyak rumah sakit lokal, akhirnya terdiganosa sebagai lobus atas adenokarsinoma paru kiri T4N0M0 stadium IIIA. Mempertimbangkan usia Ms. Wang yang sudah lanjut, keluarga terus menolak Kemoradioterapi. Pada saat semua keluarga belum menemukan jalan keluar, ada seorang teman melihat informasi St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou memiliki banyak teknologi pengobatan tumor terbaru, melalui banyak pertimbangan, akhirnya memutuskan untuk menerima saran tim MDT, menggunakan model 3D printing untuk menjalankan prosedur penanaman partikel.

3D Printed Template-Assisted Seed Implantation, Pengobatan Kanker, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

  Menggunakan papan simulasi 3D,mempersiapkan penusukkan jarum

Pertama-tama, seminggu sebelum tindakan, dokter melakukan CT-Scan pada Ms. Wang, setelah membuat jalur jarum, sesuai dosis resep menghitung jumlah partikel yang akan ditanam, setelah itu mencetak papan simulasi 3D , agar dapat secara tepat menusukkan jarum pada lokasi lesi tumor Ms. Wang.

Langkah ke-2, pada saat prosedur tindakan, dokter sesuai dengan rencana sebelum operasi, meletakkan papan simulasi 3D yang telah disterilkan di atas permukaan tubuh tempat lokasi tumor. (Gambar 2)

Langkah ke 3, setelah dokter menggunakan CT memastikan papan simulasi 3D tidak ada masalah, dokter akan menusukkan jarum sesuai kerangka panduan. (Gambar 3)

Setelah menusukkan sesuai kedalaman papan simulasi 3D , akan dilakukan CT-Scan lagi

3D Printed Template-Assisted Seed Implantation, Pengobatan Kanker, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

 Setelah menusukkan sesuai kedalaman papan simulasi 3D , akan dilakukan CT-Scan lagi

Penusukkan saat prosedur berlangsung

Keempat, setelah jalur jarum ditanamkan biji partikel, dokter akan menghitung dosis yang dibutuhkan. berdasarkan kondisi, biji partikel akan ditanamkan ke dalam tubuh pasien, hingga tertanam beberapa biji partikel dari setiap jarum.

3D Printed Template-Assisted Seed Implantation, Pengobatan Kanker, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

  Penusukkan saat prosedur berlangsung

Terakhir, setelah prosedur selesai, dilakukan verivikasi dosis sekali lagi.

Setelah sebulan melakukan pengobatan, kondisi tubuh Ms. Wang mengalami perbaikan signifikan, nyeri dada sudah tidak dirasakan, pemeriksaan CT menunjukkan tumor mengecil, dan semangatnya sudah pulih kembali.

3D Printed Template-Assisted Seed Implantation, Pengobatan Kanker, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

Terakhir, setelah prosedur selesai, dilakukan verivikasi dosis sekali lagi

Keunggulan 3D Printed Template-Assisted Seed Implantation

Ahli Minimal Invasif St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou, Dr. Bai Haishan mengungkapkan, Penanaman Partikel adalah sebuah teknologi yang sangat ketat terhadap pemberian dosis. Dosis pada area tumor setelah operasi dan hasil pengobatan sangat berhubungan, sebelum operasi ketepatan pengerjaan prosedur sesuai rencana merupakan kunci keberhasilan operasi. Untuk membuat penyebaran partikel yang tepat pada pasien, mewujudkan pengobatan tepat sasaran, St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou berjalan searah dengan perkembangan teknologi medis, secara tepat waktu mulai menerapkan teknologi 3D Printed Template-Assisted Seed Implantation, di bawah panduan papan simulasi 3D memasukkan jarum, membuat prosedur semakin Minimal Invasif, efektif, dan tepat sasaran.  

Dibandingkan dengan Operasi Konvensional, 3D Printed Template-Assisted Seed Implantation memiliki 6 keunggulan:

1. Lebih FLeksibel --- dapat berdasarkan kebutuhan memasukkan jarum, menghindari pembuluh darah, saluran usus, kerangka, dan mencukupi dosis yang diperlukan;

2. Menghindari pengobatan tanpa hasil – karena posisi dan sudut lebih fleksibel, secara efektif mencegah terjadinya pengobatan tanpa hasil;

3. Waktu pengerjaan singkat--- Adanya papan simulasi 3D menghemat waktu operasi menggunakan CT;

4. Lebih terarah --- Hanya perlu menusukkan jarum pada jalur jarum yang tersedia, meningkatkan ketepatan penusukkan jarum;

5. Risiko rendah --- Meningkatkan ketepatan pada pengobatan dengan lesi tumor yang banyak, menghindari mencari posisi berulang kali pada saat prosedur, mengurangi risiko pengobatan, dan jumlah CT-Scan, mengurangi paparan radiasi pada pasien.

6. Lebih ilmiah --- Posisi partikel sesuai dengan rancangan sebelum operasi, dosis sebelum dan setelah operasi sama.

Pengobatan penanaman partikel dengan menggunakan teknologi 3D Printed Template-Assisted Seed Implantation telah berhasil, menandai metode Penanaman Partikel telah memasuki masa baru. Selain itu, juga menandai kecanggihan teknologi pengobatan di St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou.

Medan Office

Alamat : Komplek Multatuli Indah Blok CC-21, 20151 Sumatera Utara - Medan

Reservasi konsultasi : +62 (0)614 5768 21, +62 (0)821 6578 4777

Surabaya Office

Alamat : Jl. Raya Dinoyo no 21A, Kel. Keputran, Kec. Tegalsari, Surabaya 60265

Reservasi konsultasi : 0315688999 , 0315685057 , 0315685058

Jakarta Office

Alamat : MENARA CITICON lt. 11 blok C2 Jl. Letjen S.Parman kav 72 Slipi - Jakarta Barat

Reservasi konsultasi : 081297897859 , 085211194878

Untuk tampilan yang lebih baik, silahkan tegakkan HP/Gadget Anda